Minggu, 06 Maret 2016

TOURING keliling Jogja dan Magelang 3H4M part 2 (explore candi)

Sehabis sholat shubuh, tepatnya pukul 04.30wib, saya melanjutkan perjalan menuju ke magelang, waktu yang di tempuh mungkin sekitar satu jam. sepanjang jalan boyolali ini kita akan di suguhi pemandangan khas pegunungan yang sejuk, kicauan burung bersautan mengiringi perjalanan saya pagi itu. sebelum sampai ke kota magelang kita akan melewati beberapa tempat wisata, diantaranya bukit petruk, joglo merapi, candi asu, dll,
perjalalanan boyolali
05.30 sampai di magelanga saya langsung cari pom bensin terdekat, selain mau isi bensin, sekalian mau mandi dan ganti baju. pagi ini saya sarapan telor rebus sama pudak yang saya bawa dari rumah, hehehe,

06.00 lanjut buat explore magelang plend, mulai dari mungkid ya, jadi destinasi pertama saya berkunjung ke candi pawon, candi pawon ini letaknya agak masuk ke pemukiman warga, ukurannya bisa dibilang kecil kalau dibandingkan sama candi yang ada di kota magelang, candinya terawat sekali menurut saya, ada banyak bunga juga disana, ada yg jualan topeng juga, setelah puas lihat- lihat sama berselfie ria saya memutuskan unttuk melanjutkan perjalanan.

06.30 candi selanjutnya yang saya kunjungi ialah candi mendut candi yang berarsitek budha ini ukurannya agak lebih besar dari candi pawon, di dalam candi terdapat patung budha yang berukuran besar dan masih di gunakan sembahyang sampai hari ini. sooo, bau dupanya menyengat banget. di sekeliling candi mendut ini di kelilingi dengan relif yang sangat indah, ada semacam baklonnya gitu plend.. menurut saya kurang rapi penataanya. pas saya kesana pengunjungnya bule semua.. wisatawan lokal kagak ada sama sekali.

07.30cuci motor

09.00 selanjutnya saya bingung mau kemana mau ke gereja ayam treekingnya ajak jauh, kan tenaga udah gak ada, mau kerumah kamera yg lagi hits itu juga pada gak tau lokasinya dimana. semalam saya gak bisa tidur jalanan boyolali bising banget banyak anak jalanan lagi balapan liar, kemarin sebelum kesini saya udah bikin itinerary kalau ke magelang. ada wisata pemandian air hangat candi umbul, konon katanya pemandian ini dulunya di pake para putri raja buat mandi, pemandian ini ada gelembung yang muncul terus menerus gitu, dan katanya lagi mengandung mineral alam yang bagus untuk kesehatan kulit. untuk menuju kesini tinggal tanya arah ke kec. grabag jaraknya hampir sejaman lah dari candi borobudur, pas kesini kebetulan hari minggu rame bangett, tempatnya bisa dibilang kotor pake bangeet, apalagi area bilasnya tuh, sampah plastik dimana-mana selain itu juga gak ada tutupnya. di tambah lagi kamar gantinya juga bau pesing, lantainya kotor, jadi gimana gituuuu.. mau nyemplung juga sebenernya males, expetasi saya hangatnya tuh mirip sama yang di pacet-mojokerto itu tp airnya biasa aja, gak dingin ya kagak hangat. jadi agak nyesel juga.. mana badan udah pegel banget lagi.. dalam kolam juga bnayak lumutnya, trus ada ludah orang juga, jijik rasanya.. tapi udah terlanjur mau gimana lagi, hehehehe. gelembung dalam kolamnya tuh muncul terus keatas, jadi kalau kena kulit jadi geli gimna gitu. mungkin ini kali ya yang bikin candi ini di beri nama umbul karena ada gelembung yang mumbul-mumbul (naik keatas). 15 menit aja di kolamnya udah cukup buat saya.

11.45 saya balik ke mungkit lagi, rencana mau ke borobudur. tapi sebelum itu mau cari penginapan dulu.. karena kemarin gak mau booking penginapan gak bisa, trus kalau mau booking lewat online harga yang di tawarkan juga selisih 50.000an, jadi terpaksa cari on the spot aja. pertamanya mau cari hotel patra, tapi gak ketemu-ketemu, lanjut ke hotel bima sakti, ada sihhh yang kosong, tapi disana tempat tidurnya kotor, wcnya juga banyak keraknya jadi gak jd ambil, murah sih cuma Rp.25.000-35.000 tapi takutnya nanty malem gak bisa tidur. akhirnya saya nginepnya di LC Hotel, letaknya ini sebelah pos polisi mungkid.. lumayan hotelnya. dari pada ngemper di pom bensin lagi.

14.00 suasana agak gerimis, tapi masih belum makan siang, belum ke borobudur juga!! habis rebahan sebentar di hotel langsung lanjut lagi, di sepanjang gapura mungkid menuju borobudur banyak yang jualan makanan khasnya kota magelang yakni kupat tahu. saya memutuskan untuk makan dulu dan memilih warung yang agak sepi biar antrinya gak lama. kupat tahu ini kalo dilihat dari tampilannya mirip sama lontong tahu yang ada di kota kelahiran saya di bojonegoro, isiannya tahu, ada butiran kacangnyam kecambah, plus taburan bawang goreng plus daun kucai. bedanya kalau kupat tahu rasanya agak asam, trus cabenya gak pake di goreng dulu. 2 porsi kupat tahu plus esteh 2 kena Rp.18.000.

14.30 sampai di borobudur juga, suasana masih gerimis juga.. tapi untungnya bawa payung.. tapi yang gak bawa payung gak usah khawatir kok, disini banyak yang nyewain kok. jalan dari tempat parkir ke lokasi candi lumayan jauh ya jadi jangan pake sepatu high heels plend, pake sandal yang nyaman dan ber sol empuk biar gak capek nanty kelilingnya.

17.00 hujan jadi tambah deres, saya berteduh di minimarket di magelang sekalian beli penyetan buat dimakan nanty malam.

19.00 habis sholat isya teparrr, udah capek banget, emang tulisan kali ini banyak ngeluhnya. heeheee lanjuttt ke trip selanjutnya..