Minggu, 06 Maret 2016

24 jam kulineran di kota lamongan


Lamongan merupakan kota kehilahiran suami saya, saya sempat setahun lebih tinggal disana. kota kecil yang baru saja menyabet adipura kencana itu merupakan kota yang tak pernah tidur dalam hal kulinernya, karena kesibukannya, mertua saya sangat jarang sekali memasak, sehingga, mau tidak mau untuk makan sehari-hari ya terpaksa harus beli. saya sering di belikan makanan yang enak-enak oleh alm. Bapak mertua saya. dari situ saya jadi tahu di mana beliau membeli makanan yang super duper enak itu untuk saya. makanan yang enak ini gak melulu harus di beli di rumah makan yg bagus dan terkenal. bahkan warung sederhana pinggir jalan pun terkadang lebih enak di banding yang beli di Restoran (ini versi saya lho yaahh, tapi banyak yang berpendapat begitu kok) lanjut terus ya bacanya, ini saya bocorin dimana makanan yang enak-enak di kota lamongan

1. Sarapan Pagi 
  • Sego boranan Yu Tin, letaknya ini di perumnas made lamongan, ya sepuluh menitan lah kira-kira dari pusat kota. tepatnya di jalan madedadi, di depan bakso oya. dekat sekali juga sama rumah mertua saya di lamongan, hanya berjarak satu rumah saja. rasanya masih asli sego boranan khas lamongan, saya bilang begini bukan karena letaknya dekat sama rumah saya tapi emang rasanya beneran yahhuuud kok, varian lauknya juga juga lengkap banget lho, specialnya iwak sili. tapi gak selalu ada tiap hari lho ya.. makanya saya bilang special. untuk harga sendiri dibanding nasi boran lainnya agak mahal siiihh, selisihnya cuma Rp.1000-2000 tapi kalau rasanya enak pasti gak bakalan nyesel deh. jam bukanya mulai jam 5 pagi sampai jam 9.
  •  Sego boranan dekat gladak made, nasi boran ini rasanya enak, antrinya bukan main kalau pagi hari.   kalau saya pas lagi santai dan kegiatan rumah gak terlalu banyak, saya biasa sarapan disini, yang jualan orang tua, di bawah pohon keres. harga seporsinya juga g mahal-mahal banget kok, mau makan di tempat juga ok, karena ada warung di dekat penjualnya.
  • Soto Ayam Mardi berada di jalan kh ahmad dahlan, ancer-ancernya tanya aja SMKM 4 Lamongan. pasti tau kok, deket sama patung bandeng lelenya lamongan. soto ini biasanya bukanya mulai jam 6 pagi samapai kira-kira jam 4 sore lah, kan tergantung habisnya. kuahnya pas, gak kentel ya gak encer, pelayanannya cepet banget. masalah harga gak usah khawatir murah juga kok.. Rp.12.000 udah bisa makan soto+es teh+kerupuk.
  • Nasi pecel Pak put, letaknya di jalan ahmad yani plend,  sebelah baratnya alun-alun sama alun-alun atau pasar tingkat lamongan, tepatnya sebelahnya toko perlengkapan rumah tangga "Alfa".yang special dari pecel disini ialah lauknya, ada dadar otak, dadar daging, paru goreng, dll kalau minggu pagi antrinya megilan kata orang lamongan. makan makan disini kurang lebih plus es teh Rp.15000an lah perorangnya
2. Makan Siang
  • Nasi lodeh di warung kuliner telaga bandung.. letaknya nih di sentra pklnya telaga bandung yang ada di desa bandung, warung makan ini specialnya lodeh pe, enak banget pokonya, minimal sebulan sekali harus sempetin kesini. walau sekarang tinggalnya di gresik tapi selalu kangen kalau inget lodeh pe disini. menu lainnya ada kuthuk kelo kuning (ikan gabus kuah kuning), terus ada penyet ikan togek juga, selera orang lamongan banget pokonya. kalau kesini jangan pas jam makan kantor ya, soalnya ini warung langganan orang kantoran lamongan plend, ada gimbal udang juga, rasanya enak harganya cuma gopek. gak lupa bungkus aq kalau kesini. 
  • Soto Ayam depan hotel mahkota pak budi , special soto disini kuahnya kentel bingiiittz, ayamnya ayam kampung asli, estehnya enak brayyy, cocok buat yang nyantai-nyantai makanya. disini yang nglayanin bikin soto cuma satu. jadi ya gantian.. harga perporsinya Rp.12000 untuk soto biasa, kalau pake jeroan Rp.15000
  • Tahu Campur LA pak kumis di jalan Dr wahidin, letaknya dekat Bank BTN Lamongan, atau tikungan SMAN 1 Lamongan. tahu campur merupakan salah satu makanan khasnya lamongan, kalau siang-siang lagi kepengen makan ini ya cuma disini yang enak, bukanaya nih sampai malam hari, porsinya yang banyak bikin kenyang perut. meski tahu campur ini makan khas lamongan yang jual gak terlalu banyak plend.  harga perporsinya Rp.10.000
  • Nasi Boran di rangge, siiiiang hari biasanya panas paling pas kalo makan nasi boran di temenin es kelapa muda. di sepanjang jalan basuki rahmad banyak banget yang jualan nasi boranan, tapi biasanya saya selalu beli disini, selain rasanyanya enak, saya bisa pesen es degan pula. nasi boranan yang saya tulis disini harganya emang agak mahalan diikitt tapi setelah keliling sana-sini emang rasanya lebih nikmat. tapi semahal- mahalnya nasi borannan satartnya Rp.7000 kok. jadi masih bisa di jangkau sama kantong backpaker.
3. Makan Malam
  • Nasi Bungkus Wak Tunggal yang ada di jalan basuki rahmad, pas depan BRI lamongan, warung ini buka dari sore hari, jualannya special nasi bali daging yang bumbunya pedes plend, ada juga nasi bali kosongan yang lauknya bisa kita pilih sendiri. mantep kannn, harganya under Rp.10.000 
  • warung makan wak bayem, letaknya depan spbu rangge, atau ada di jalan basuki rahmad, kalau kesini biasanya saya sama suami pesennya kare ayam, atau kalau gak ya lodeh pake ayam, tapi ada menu special juga yakni soto ayam lamongan tapi versi kuah bening, pokonya lamongan ini kaya banget macam kulinernya. jadi kalau ada orang yang nanya mau wisata kuliner ala rumahan ya di kota ini tempatnya, kisaran Rp.15.000an lah kalau mau makan disini udah sama es tehnya. oh ya bukanya habis sholat isya yaaa... jangan kesorean!!
  • Ayam Penyet sumber mulyo Pak Pa'í ada di jalan basuki rahmad sebelahnya SMP 3 lamongan, ayam goreng kampung yang di masak pake bumbu rahasia sehingga kalau di makan bikin merem melek plend, ada burung dara juga disini. yang bikin special selain pake ayam kampung yaitu sambalnya ada dua macem ada sambel terasi biasa, ada juga sambal kecap, sambalnya di ulek langsung, mantepp pokonya..
  • Sego Boranan di rangge, tempatnya masih di jalan basuki rahmad juga, sama kaya nasi boran yang saya tulis di menu makan siang, tapi yang jualan beda plend, tapi rasanya sama enaknya. sebenernya banyak kok nasi boranan yang enak, cuma mungkin sayanya cocok disini. kan nasi boran ada 24 jam. di perumnas made, di jalan basuki rahmad, seputaran alaun-alun dan pasar kota, trus jalan sunan drajad, jl andanwangi, depan plasa lamongan, sukodadi, pokonya banyak dehhh. dan sekarang juga udah mulai gooo luar kota, di gesik udah ada 3 yang jual nasi boran... selamat mencoba yaaa plend
  • Nasi goreng 99 recomended banget buat pecinta nasi goreng, letaknya di pasar kota lamongan, depan toko emas prayogi, kalau kalian lagi main ke alun-alun cus langsung jalan kaki aja, deket banget kok tempatnya.rasanya tuh enak banget sumpah, bumbunya kerasa banget, meski yang antri banyak tapi pelayanannya cepet plend. kanan kiri juga banyak yang jual es. harganya Rp. 8000/porsi
tahu campur pak kumis

soto ayam pak budi

semua yang saya tulis disini merupakan makanan yang menurut saya beneran enak, bukan karna iklan atau di endorse yakkk plend, jujur menurut penilaian lidah saya sama satu keluarga besar suami saya. selamat berwisata kuliner ya plend.. maaf kalau fotonya cuma sedikit, kalau foto mulu kapan makannya. siapin uang sama perut kalian ya, karena kuliner di lamongan emang enakkkk bangeeettt..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar