Senin, 09 Mei 2016

BALURAN, PUING-PUING WILDLIFE DI PULAU JAWA


BALURAN
sudah tiga kali saya berencana berprtualang di taman nasional baluran namun selalu gagal, dan rencana ke empat ini pun sebenarnya hampir saja gagal, banyak dari teman saya mencemooh saya, untuk apa jauh-jauh pergi ke baluran hanya untuk melihat hewan-hewan yang mudah kita jumpai di kebun binatang. alasannya sederhana, saya suka kehidupam alam liar, sedari kecil saya senang sekalai melihat acara national geographic yang biasa tayang di stasiun TV swasta tanah air, bahkan hingga saat ini di usia saya yang sudah semakin dewasa saya masih sangat senang menonton acara itu di saluran TV kabel.

ok plend saya jelaskan sedikit tentang tempat ini, baluran merupakan taman nasional seluas 25.000 hektare yang terdiri dari beberapa type huytan, savana, mangrove dan pantai. ada lebih dari 444 species flora, 233 species burung, dan beragam fauna khas indonesia bisa kita jumpai disini.

start dari kota lamongan jawa timur saya mulai perjalanan dari rumah pukul 07.05 dengan mengambil rute Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo-Situbondo. karena sebelumnya berkali-kali istirahat di beberapa rest area dan sempat juga singgah sebentar di pantai pasir putih situbondo akhirnya pukul 04.30 wib saya tiba di desa wisata kebangsaan, desa ini letaknya bersebelahan dengan pintu masuk taman nasional baluran. dan biasa biasa dijadikan traveller untuk menginap di homestay yang banyak di sewakan oleh warga setempat.

Taman Nasional Baluran buka pukul 07.00wib, namun jika kita ingin menyaksikan sunrise di pantai bama atau ingin meng explore savana di pagi buta bisa membeli tiket sehabis magrib. harga tiket masuk baluran seharga Rp.7500/orang ditambah biaya pengamatan satwa Rp.10.000 serta Rp.7500 untuk biaya masuk kendaraan roda dua. sebelum masuk TN.BALURAN saya ingatkan terlebih dahulu, jangan sekalipun menenteng makanan, karena sepanjang perjalanan banyak sekali monyet ekor panjang (macaca fascicularis) yang menjadi sangat agresif jika melihat makanan.

tiket masuk baluran

sebelum pos tiket baluran

10 langkah dari pos pintu masuk baluran

depan pos tiket baluran
Tujuan pertama saya ialah mengunjungi savana Bekol. jaraknya sekitar 12km dari tempat kita membeli tiket. sebelum sampai di savana kita akan terlebih dahulu melewati hutan lebat dengan jalan berbatu dan cenderung rusak. sepanjang perjalanan kita akan di hibur dengan hadirnya beberapa satwa, seperti ayam hutan, tupai, kupu-kupu beraneka warna, berbagai macam burung dengan beragam warna dan ukuran. setelah setengah jam berkendara sampailah saya di padang savana bekol, padang sanana ini luasnya sekiar 10.000ha dengan view gunung baluran, seluas mata memandang terhampar padang rumput yang berwarna hijau kecoklatan karena sedang terjadi musim peralihan antara musim hujan ke musim kemarau. sesekali terlihat rusa (cervus timores) berlarian mencari makan, ada juga kerbau (Bubalus muntjak) yang berkubang di lumpur untuk mendinginkan badan. jika kita ingin melihat banteng (bos javanicus) kita bisa datang ke penangkaran yang letaknya tidak jauh dari pos polisi hutan. menurut cerita teman saya disini banyak burung merak, namun setelah berkeliling cukup lama saya tidak juga menemukan burung ini.
spot foto favorit di baluran

pohon di savana bekol

rusa penghuni savana

puas mengexplore savana bekol serta berfoto ria, perjalan saya lanjutkan ke pantai bama, jaraknya 4km dari savana bekol, di pantai ini banyak sekali monyet-monyet bertangan usil yang menggemaskan. banyak pengunjung yang menjadi korban keusilan mereka. bahkan ada monyet yang merebut botol susu bayi, hahaha lucu banget pokonya. banyak aktifitas yang bisa kita lakukan disini, yakni naik perahu, bermain canoe dengan biaya Rp.50.000/orang/2jam atau menikmati keindahan bawah laut pantai bama dengan menyewa alat snorkeling dengan biaya Rp.45.000/orang/2jam. pantai bama masih sangat alami, pantainya berpasir putih dengan ombak yang lumayan tenang, cocok juga untuk berenang.tak jauh dari pantai terdapat mangrove trail. didalamnya banyak terdapat burung seperti bangau tongtong, rangkong, dll namun karena kaki sudah capek saya urung pergi kesana. sayang sekali, padahal tempatnya sangat bagus.

pantai bama

pantai bama

pantai bama
jika kalian ingin menginap, di taman nasional ini juga sudah terdapat wisma yang dapat di sewa oleh pengunjung dengan tarif mulai Rp.150.000. info lengkap bisa dilihat di postingan saya selanjutnya. happy traveling plend..

2 komentar:

  1. Dulu Sering lewat baluran, tp belum pernah masuk ke dalam.. pengen banget nget.. baca post ini tambah pengen lagi T.T

    BalasHapus
  2. Baluran ini seperti Afrika-nya Indonesia yah :) Btw, tiket masuknya murah sekali, ajak rombongan teman atau keluarga kesini pasti seru ya..

    BalasHapus